Header AD

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Perlu Anda ketahui

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
image by: Pixabay

Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tetap sehat sudah menjadi kewajiban bagi semua orang, kesehatan adalah nikmat dari Allah swt yang sangat berharga, untuk itu betapa pentingnya menjaga kesehatan agar kita bisa melakukan berbagai macam aktifitas sehari-hari.

Menghadapi musim pancaroba seperti sekarang ini kita harus pintar dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk, diare, dll.

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, pola hidup sehat menjadi faktor utama. Dengan pola hidup sehat akan berdampak baik bagi tubuh kita, selain menjadikan tubuh kita sehat, dengan pola hidup sehat juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Melakukan pola hidup sehat sering kali diidentifikasikan dengan perlunya mengeluarkan biaya yang mahal, padahal kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, kita cukup melakukan tips-tips berikut agar tubuh kita sehat dan bugar serta daya tahan tubuh tetap terjaga.

Berikut tips-tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit:


1. Mengkonsumsi Makanan Sehat Dan Bergizi

Makan makanan sehat dan bergizi akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, karena tubuh kita memerlukan gizi yang seimbang, agar tubuh mendapatkan asupan gizi yang cukup. Para ahli gizi menyarankan agar makanan yang kita konsumsi harus mengandung gizi yang dapat menghasilkan energi yang sangat diperlukan tubuh kita agar dapat melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. 4 sehat 5 sempurna adalah penunjang asupan gizi yang baik, agar tubuh kita selalu sehat.

2. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Tubuh selain membutuhkan makanan yang bergizi, tubuh juga membutuhkan makanan yang berserat tinggi. Makan makanan berserat sangat baik bagi tubuh kita. Selain untuk membantu proses pencernaan, makanan berserat juga dapat menurunkan kadar kolesterol, serta mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes.

3. Pentingnya Menjaga Kebersihan Makanan

Menjaga kebersihan makanan adalah hal yang harus diperhatikan, karena jika makanan yang kita konsumsi tidak higienis akan berakibat buruk bagi tubuh. Pentingnya menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi agar terhindar dari berbagai penyakit, seperti diare, gangguan pencernaan, dll.

4. Rajin Berolahraga

Melakukan olahraga tidak harus di tempat kebugaran saja, kita juga bisa berolahraga di sekitar halaman rumah, banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan di sekitar halaman rumah kita. Seperti, joging, senam, push-up, shit-up dan jenis olahraga lainnya.

Lakukan olahraga setiap hari minimal 10-15 menit, agar tubuh menjadi sehat dan bugar. Selain itu, dengan rutin berolahraga, otot dan sendi menjadi tidak kaku. Lain halnya dengan orang yang jarang melakukan olahraga, tubuh mereka akan sedikit kaku dan cepat lelah ketika melakukan berbagai macam aktifitas. Untuk itu pentingnya berolahraga agar tubuh sehat dan bugar sepanjang hari.

5. Istirahat Yang Cukup

Setelah melakukan beragam aktifitas seharian, tubuh kita memerlukan waktu untuk beristirahat, agar energi yang terkuras disaat melakukan aktifitas bisa terkumpul kembali. Istirahat yang paling baik adalah tidur, banyak sekali yang tidak menghiraukan pola hidup sehat yang satu ini, padahal tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup. Para ahli menyebutkan bahwa tidur yang baik adalah 8 jam sehari, agar ketika bangan dipagi hari badan menjadi lebih segar dan siap melakukan bermacam aktifitas.

6. Perbanayak Minum Air Putih

Setelah melakukan berbagai macam aktifitas tentu akan banyak menguras energi dan ion tubuh, perlunya memperbanyak minum air putih agar ion (cairan) dalam tubuh tetap terjaga. Minumlah air putih 8 gelas sehari, agar tubuh terhindar dari dehidrasi ringan. Menurut penelitian dehidrasi ringan dapat mengakibatkan menurunnya konsentrasi dan menjadi gejala awal penyakit gagal ginjal.

7. Mengkonsumsi Vitamin

Menghadapi musim pancatoba seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi solusi agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Karena metabolisme tubuh akan meningkat dengan seringnya mengkonsumsi vitamin.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tetap terjaga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Perlu Anda ketahui Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Perlu Anda ketahui Reviewed by Rendyansyah on 07.16 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD