Header AD

10 Manfaat Buah Apel Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil
Image: Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Buah apel..
Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama buah yang satu ini. Memang buah apel kerap kita jumpai di tempat-tempat penjualan buah-buahan. Selain rasanya yang enak dan manis, buah apel juga kaya akan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Buah apel mengandung nutrisi dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.
Buah apel bisa kita dapatkan dengan mudah, kita bisa membelinya di pasar, toko buah, mall dan di tempat lainnya. Karena harganya yang cukup terjangkau, maka tidak heran buah ini menjadi sangat laris dipasaran.

Namun taukah anda, buah apel ini memiliki beragam manfaat bagi ibu hamil..??

Ibu yang sedang dalam masa kehamilan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang ekstra dibandingkan dengan yang tidak dalam masa kehamilan. Karena nutrisi yang terdapat dalam tubuh akan dibagi dua, yaitu untuk si jabang bayi dan untuk sang ibu. Maka dari itu perlunya asupan nutrisi yang cukup agar ibu dan calon bayi bisa tercukupi asupan nutrisinya. Buah apel memang sangat baik bagi ibu hamil, karena kandungan nutrisi dan serat pada buah apel sangat dibutuhkan bagi kesahatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Lantas apa saja manfaat buah apel bagi ibu hamil...??

Berikut saya jelaskan beberapa manfaat buah apel bagi ibu hamil.

 
1. Mencegah Penyakit Kanker

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa orang yang sering makan buah apel akan terhindar dari penyakit kanker, karena buah apel mampu menangkal berbagai macam penyakit mematikan, seperti kanker, jantung, stroke, diabetes dan penyakit mematikan lainnya. Maka dari itu, pentingnya untuk mengkonsumsi buah yang satu ini agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang mematikan. Selain itu tubuh akan lebih sehat karena asupan nutrisi dan serat yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi.

2. Menurunkan kolestrol tinggi

Di dalam buah apel banyak terkandung zat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya zat antioksidan. Zat ini sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dan zat antioksidan ini mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta menghindari terjadinya oksidasi LDL pada tubuh. Selain itu zat antioksidan sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga kulit menjadi segar dan terasa halus serta menjadikan anda lebih awet muda.

3. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Rasa manis yang terkandung dalam buah apel adalah pemanis alami yang dihasilkan dari penyerapan nutrisi oleh akar, dengan rasa manis alami menjadikan buah ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena kadar gula dalam tubuh akan tetap terkontrol, kadar insulin yang terkandung dalam buah apel akan membuat anda merasa kenyang lebih lama, dan ini sangat bagus karena pola makan anda akan lebih terkontrol.

4. Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi memang kerap sekali dikeluhkan ole ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Tekanan darah tinggi memang salah satu penyakit yang harus diwaspadai, terutama oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan, karena kondisi seperti ini akan mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Agar dapat terhindar dari resiko tekanan darah tinggi, mengkonsumsi buah apel menjadi salah satu solusi, di mana kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah apel ini mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

5. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Dewasa ini banyak sekali proses persalinan yang melalui proses sesar, banyak faktor yang menyebabkan proses sesar dilakukan, salah satunya tekanan darah tinggi, air ketuban yang minim (karena terjadi perembesan), posisi bayi tidak normal, asma dan faktor lainnya. Maka dari itu, pentingnya menjaga agar kondisi seperti diatas dapat dihindari, salah satunya dengan meminimalisir gejala asma.

Asma atau penyempitan yang terjadi pada paru-paru, salah satu penyebabnya adalah dari faktor keturunan, perokok berat, dan pola makan yang tidak sehat. Untuk itu perlunya menjaga kesehatan paru-paru adalah menjadi tanggung jawab kita sendiri, dengan pola makan yang baik dan banyak mengkonsumsi makanan berserat akan sangat membantu anda terhindar dari penyakit paru-paru. Buah apel mengandung serat yang baik bagi tubuh, mengkonsumsi buah apel akan membantu dan menjaga kesehatan paru-paru anda.
 
6. Membantu Mengurangi Pembengkakan

Pada masa kehamilan, perubahan bukan hanya terjadi pada perut saja, biasanya bagi ibu yang sedang mengandung akan mengalami pembengkakan pada bagian tubuh, terutama yang sering terjadi pada bagian kaki, pembengkakan ini diakibatkan perubahan hormon pada saat hamil. Kandungan yang terdapat pada buah apel mampu menetralisir pembengkakan akibat terjadinya perubahan hormon yang terjadi dalam masa kehamilan.

7. Melindungi Dan Meningkatkan Kesehatan Saraf

Kandungan antioksidan quercetin yang terkandung di dalam buah apel dapan mencegah kerusakan sel saraf yang diakibatkan oleh oksidasi dan peradangan neuron (sel saraf), serta dapat mencegah dan mengurangi gangguan neurodegeneratif, seperi penyakit alzheimer (kepikunan).

8. Menjaga Keshatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh kita, Tanpa organ yang satu ini kita tidak akan bisa hidup, maka dari itu pentingnya menjaga kesehatan jantung, agar kita dapat melakukan berbagai macam aktifitas dengan lancar. agar jantung kita tetap sehat, perlunya asupan nutrisi dan serat. Mengkonsumsi buah apel bisa menjadi solusi agar jantung kita tetap sehat. Karena selain dapat menurunkan kadar kolesterol, manfaat dari buah apel juga sangat baik bagi jantung, zat yang terkandung dalam buah apel juga mampu mengurangi dan mengatasi penyumbatan dan peradangan pada dinding arteri, sehingga kinerja jantung bisa lebih optimal.

9. Terhindar Dari Kerusakan DNA

Seringnya beraktifitas di luar ruangan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan janin, karena paparan polusi dan radikal bebas yang terlalu sering terjadi akan mempengaruhi terhadap kesehatan kandungan. Kondisi seperti ini jika dibiarkan berlarut-larut akan sangat tidak baik bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya, karena akan berpengaruh buruk bagi kesehatan dan perkembangan janin.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, perlunya meningkatkan asupan yang kaya akan serat dan asupan gizi yang dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan si buah hati. Dengan makan buah apel setiap hari akan memberikan asupan serat yang cukup sehingga daya tahan tubuh akan tetap terjaga, serta dapat terhindar dari efek paparan polusi dan radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerusakan pada DNA.

10. Menagatasi Sembelit

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan tentang masalah sembelit, memang sembelit kerap sekali menjadi salah satu masalah yang dialami ibu hamil, masalah sembelit diakibatkan karena kurangnya serat dalam tubuh.
Sembelit bukan hal sepele, sembelit jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi si ibu dan janin yang dikandungnya. Asupan serat yang cukup akan mengurangi resiko sembelit, untuk itu perlunya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Seperti buah-buahan dan makanan lainnya yang mengandung banyak serat. Apel sangat baik bagi kesehatan ibu hamil, karena seperti kita ketahui buah apel memiliki kandungan serat yang cukup untuk diserap tubuh. Makan buah apel 1-2 buah perhari akan mengurangi resiko sembelit pada ibu hamil.

Baca juga: Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Itulah 10 manfaat buah Apel Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin. semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda dalam menjaga kesehatan, karena kesehatan sangat mahal harganya.

Terimakasih telah membaca artikel sederhana ini, jika artikel ini bermanfaat, share artikel ini ke teman-teman anda agar teman-teman ada bisa mendapatkan manfaatnya.
10 Manfaat Buah Apel Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin 10 Manfaat Buah Apel Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin Reviewed by Rendyansyah on 08.27 Rating: 5

1 komentar

  1. informasi ini sangat membantu kita untuk mengetahui banyak manfaat dari buah.terimakasih

    BalasHapus

Post AD